Selamat datang di www.publichealthnote.blogspot.com

Publichealthnote menyediakan informasi seputar penyakit dan obat sebagai referensi bagi tenaga kesehatan dan sebagai wawasan tambahan bagi masyarakat umum. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter.

Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga blog ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi amal jariyah bagi penulis.

Sunday, March 4, 2012

Probenezid / Probenecid


Sediaan:
Tablet 500 mg

Cara Kerja Obat:
Probenesid dan sulfinpyrazone meningkatkan klirens ginjal untuk mengeluarkan asam urat dengan menghambat reabsorbsi asam urat di tubular ginjal. Probenesid digunakan untuk mengobati asam urat atau encok arthritis kronis. Encok arthritis ditandai dengan serangan yang rasa sakit parah dengan tiba-tiba, kemerahan dan nyeri di sendi, seringkali sendi di pangkal jempol kaki. Kondisi ini disebabkan oleh asam urat terlalu banyak dalam darah. Obat ini bekerja dengan menghilangkan asam urat berlebih dari tubuh. Probenesid tidak menyembuhkan asam urat, tapi setelah digunakan selama beberapa bulan akan membantu mencegah serangan encok. Obat ini akan membantu mencegah serangan encok hanya selama digunakan.

Indikasi:
-     Mencegah dan mengurangi tofus (benjolan berisi garam-garam asam urat dalam jaringan sekitar sendi-sendi) pada penyakit gout.
-     Hiperurisemia

Kontraindikasi :
-     Serangan gout akut
-     Diskrasia darah

Dosis:
2 x sehari 250 mg selama 1 – 2 minggu, kemuadian 2 x sehari 500 mg selama 2 minggu.

Peringatan dan Perhatian :
-     Ulkus peptikum, kerusakan ginjal
-     Hamil dan menyusui

Efek Samping :
Gangguan saluran pencernaan, reaksi hipersensitivitas

No comments:

Post a Comment