Selamat datang di www.publichealthnote.blogspot.com

Publichealthnote menyediakan informasi seputar penyakit dan obat sebagai referensi bagi tenaga kesehatan dan sebagai wawasan tambahan bagi masyarakat umum. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter.

Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga blog ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi amal jariyah bagi penulis.

Tuesday, February 14, 2012

Gentamicin (Injeksi, Salep Mata, Salep Kulit, Tetes Mata)



Sediaan dan Komposisi:
-     Salep Mata Sebagai Sulfat 0,3% (3 mg/g (3,5 g))
-     Salep Kulit Sebagai Sulfat 0,1% (15 g, 30 g)
-     Tetes Mata Sebagai Sulfat 0,3% (5 ml, 15 ml) Mengandung Benzalkonium Klorida
-     Infus, Sebagai Sulfat (Premixed in NS) 40 mg (50 ml); 60 mg (50 ml, 100 ml); 70 mg (50 ml); 80 mg (50 ml, 100 ml);90 mg (100 ml); 100 mg (50 ml, 100 ml); 120 mg (100 ml)
-     Larutan Injeksi, Sebagai Sulfat 10 mg/ml (6 ml, 8 ml,10 ml) Vial
-     Larutan Injeksi, Sebagai Sulfat 40 mg/ml (2 ml, 20 ml) (Dapat Mengandung Metabisulfit)
-     Larutan Injeksi, Pediatrik Sebagai Sulfat 10 mg/ml (2 ml)  (Dapat mengandung Metabisulfit)
-     Larutan Injeksi, Pediatrik Sebagai Sulfat (Preservative Free) : 10 mg/ml (2 ml)

Cara Kerja Obat:
Gentamisin merupakan suatu antibiotika golongan aminoglikosida yang aktif menghambat kuman-kuman gram-positif maupun kuman gram-negatif termasuk kuman-kuman yang resisten terhadap antimikroba lain, seperti Staphylococcus penghasil penisilinase; Pseudomonas aeruginosa; Proteus; Klebsiella; E.coli. Mekanisme kerja berdasarkan penghambatan sintesa protein.

Indikasi:
Infeksi gram negatif (Pseudomonas, Proteus, Serratia) dan Gram positif  (Staphylococcus),  infeksi tulang, infeksi saluran nafas,  infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi saluran urin, abdomen, endokarditis dan septikemia , penggunaan topical, dan profilaksis untuk bakteri endokarditis dan tindakan bedah.

Kontraindikasi :
Hipersensitif terhadap Gentamisin dan Aminoglikosida lain

Dosis:
-     Dosis injeksi :
Bayi dan anak < 5 tahun : 2,5 mg/kg BB setiap 8 jam secara i.v. atau i.m.
Anak > 5 tahun : 2 - 2,5 mg/kg BB setiap 8 jam secara i.v. atau i.m.
Dewasa: 4 – 8 mg/hari secara i.v atau i.m.
-     Salep mata : Dioleskan pada mata 2 – 3 kali sehari sampai setiap 3 – 4 kali
-     Tetes mata : Teteskan pada mata yang sakit 1 – 2 tetes setiap 2 – 4 jam, naikan 2 tetes setiap jam untuk infeksi parah
-     Salep kulit: Salep dioleskan pada kulit yang sakit  3 – 4 kali sehari

Peringatan dan Perhatian :
-     Gangguan fungsi hati, kontrol fungsi hati dan ginjal.
-     Menyusui.
-     Miastenia gravis.
-     Interaksi obat : absorpsi terganggu oleh antasida yang mengandung Aluminium, Kalsium, atau Magnesium.

Efek Samping :
-       Beberapa pasien yang peka dapat mengalami fotosensitivitas, alergi kulit pada waktu terkena sinar matahari.
-       Reaksi hipersensitivitas / alergi seperti: ruam kulit dan gatal-gatal.
-       Gangguan pencernaan seperti: mual, muntah, dan diare.
-       Dapat terjadi anemia hemolitik, trombositopenia.

11 comments:

  1. apa ni bisa buat menghilangkan jerawat kecil2 yg menumpuk di bawah dagu Dok?

    ReplyDelete
  2. Dok mau tanya nih, anak saya umur 10 tahun laki2 klo dia banyak bermain matanya berair, hidungnya berlendir dan terasa gatal, kadang2 susah bernapas kemudian diberikan gentamicin 0,3 % bisa sehat kembali. Tapi kambuh lg klo banyak main. Gimana Dok, apa benar obat yang dipakai tersebut? Penyakit apa ini Dok ? Thanks ya Dok

    ReplyDelete
  3. @ shirayukisama: penyakit kulit yang timbul menyerupai jerawat itu bervariasi penyebabnya, mulai dari infeksi virus, bakteri, gejala alergi, dll. Untuk mengetahui penyebabnya, sebaiknya dokter harus melihat langsung bagaimana morfologi dari jerawat tersebut, agar obat yg diberikan bisa tepat sasaran.

    ReplyDelete
  4. @ anonymous : Pemberian gentamicin sesuai untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri (kuman). Apabila terjadi kekambuhan dengan gejala tersebut di atas, kemungkinan besar anak Anda alergi terhadap debu. Tindakan yang perlu dilakukan adalah menghindarkan anak Anda terlalu sering terkena paparan debu, dengan menggunakan kacamata pelindung dan masker penutup hidung. Apabila kembali terjadi reaksi gatal, mata berair, hidung gatal, dan susah bernapas, sebaiknya obat yang diberikan adalah obat yang mengandung kortikosteroid.

    ReplyDelete
  5. dok mw tanya klo mata bengkak bsa pke gentacimin g??

    ReplyDelete
  6. bengkaknya pas d klopak bulu mata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bengkaknya agak merah disertai nyeri itu tandanya ada infeksi atau peradangan. Oleskan salep gentamisin pada daerah yang bengkak 3-4 kali sehari.

      Delete
  7. Dok, Mau nanya. kapan hari saya pernah ke dokter dan dikasih obat tetes mata gentamicin. tapi setelah obat tetes matanya habis, sakit mata saya kembali kambuh. mohon pencerahannya Dok. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gejalanya seperti apa? Bila mata merah dan gatal kerap kambuh setelah pemakaian tetes mata antibiotik (seperti gentamisin), kemungkinan sakit mata yang Anda alami itu berhubungan dengan alergi (konjungtivitis alergi), bisa terhadap makanan, debu, atau faktor pencetus lain. Silahkan memeriksakan mata Anda pada dokter ahli mata untuk pemeriksaan lebih lanjut.

      Delete
  8. Dok,temen saya bisulan sdh 2th di bagian lubang anus nya'bntuk nya kerasa tapi terkadang keluar nanah itu jenis bisul apa ya dok'apa bisa di obati juga
    Mhon jawabanya
    089666156733

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jenis bisul yang sudah lama dan mengalami infeksi (bernanah), biasanya memerlukan tindakan berupa insisi untuk mengeluarkan nanah sekaligus mengangkat bisul yang sudah mengeras. Silahkan berkonsultasi dengan dokter ahli bedah untuk penanganan lebih lanjut.

      Delete