Selamat datang di www.publichealthnote.blogspot.com

Publichealthnote menyediakan informasi seputar penyakit dan obat sebagai referensi bagi tenaga kesehatan dan sebagai wawasan tambahan bagi masyarakat umum. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter.

Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga blog ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi amal jariyah bagi penulis.

Thursday, February 23, 2012

Bedak Salicyl (Salicyl Talk)




Komposisi:
            -     Asam Salisilat 2 %
-     Talk 98%

Cara Kerja Obat:
Asam Salisilat merupakan bakteriostatik, fungisida, keratolitik, terutama untuk pemakaian luar.

Indikasi:
Bedak tabur untuk gatal-gatal pada kulit karena biang keringat atau gangguan kulit lain yang bukan infeksi.

Cara Pemakaian:
Bedak ini ditaburkan dan digosokkan rata pada bagian kulit yang gatal.

Peringatan dan Perhatian:
-     Jangan digunakan pada anak-anak di bawah usia 2 tahun
-     Jangan digunakan secara luas pada tubuh
-     Jangan digunakan untuk waktu yang lama

Efek Samping: 
Kulit kering, iritasi kulit

6 comments:

  1. kalo bedak salicyl digunakan anak dibawah 2 tahun knp mbak? anak saya kan sakit campak. dia umur 8 bln.. trus ada yang bilang disuruh pake bedak salicyl.. trims

    ReplyDelete
  2. Dear Mbak Shanty, pemakaian bedak salicyl u/ anak kurang 2 tahun tidak dianjurkan karena struktur kulit bayi yang lebih tipis yang menyebabkan kulit bayi menjadi lebih rentan terhadap hal-hal yang dapat menimbulkan iritasi dan infeksi. Komposisi utama bedak salicyl adalah asam salisilat. Efek samping yang sering terjadi adalah kulit kering hingga iritasi. Namun efek samping tersebut biasanya muncul pada pemakaian jangka panjang (setiap hari). Apabila pemakaian hanya pada saat ada indikasi (mis. u/ meringankan gatal pada penyakit campak atau biang keringat) dan setelah sembuh pemakaian bedak dihentikan, jarang sampai menimbulkan efek samping. Namun apabila pada saat pemakaian terjadi kulit kering atau iritasi, segera hentikan pemakaian bedak. semoga informasinya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. waduh... Anakku kok tiap hari tak pakein ya?sluruh tbuh lg..soale klo pke bedak yg lain mlah sperti biang keringat gt... Trs bedak yg aman utk bayi 10 bulan ap ya?anakku prnah pke cussons,my baby,rita n ritarol lma2 jg sprti biang keringat.. Kulite sensitif... Kt org c ad yg aman,cap kuda terbang.tp jujur ga yakin soale hrgane cm 1rb rupiah 1 kardus kcil

    ReplyDelete
  4. Pemakaian bedak salicyl dianjurkan bila ada indikasi seperti biang keringat. Bila sdh tidak tampak lagi, sebaiknya ganti dengan bedak baby biasa. Bila anak terlihat sangat mudah terserang biang keringat, yg perlu diperhatikan adalah jaga kondisi bayi anak tidak terlalu sering kepanasan sampai berkeringat berlebihan, pakaian sebaiknya baju yang tipis dan menyerap keringat, serta jangan lupa memandikan anak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

    ReplyDelete
  5. anakku lagi sakit jamur di selangkangan... karena memang sakitnya beruntun.. jd kondisi bdn drop akhire gampang deh kena virus.. dah tak ksih salep tp kok tambah melebar dan keluar kayak bintik2.. trus ortu nganjurin pake bedak salicyl.. mohon anjurannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemakaian bedak salicyl bisa digunakan untuk mengurangi gatal. Namun apabila luka/gatal melebar, perlu dipertimbangkan untuk pemakaian obat oral (obat minum). Silahkan berkonsultasi dengan dokter ahli kulit untuk penanganan lebih lanjut.

      Delete